Cara Memulai Bisnis Minuman Kekinian Boba Dari Nol

Bubble Tea juga dikenal sebagai teh boba, teh pearl mik, atau tiger milk. Teh ini adalah minuman manis yang berasal dari Taiwan dan telah menjadi sangat populer di seluruh dunia. Orang yang menyukai bubble tea biasanya disebut sebagai “pecinta boba” karena Boba atau bola tapioka yang menjadi bagian dari minuman ini.

Dalam artikel ini kami menjelaskan apa itu bubble tea, mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk memulai bisnis Anda sendiri dengan menjualnya dan bagaimana Anda bisa segera memulai dengan usaha yang sukses. Baca terus artikel ini untuk mempelajari lebih lanjut!

Apa itu Teh Gelembung (Bubble Tea)?

Bisnis Minuman Boba

Bubble tea adalah minuman yang disajikan baik panas maupun dingin. Teh ini merupakan minuman manis yang biasanya terbuat dari daun teh yang difermentasi, susu, dan buah segar atau kering. Disajikan dengan sejumlah besar bola tapioka kecil, juga dikenal sebagai boba.

Beberapa minuman bubble tea mungkin juga mengandung jeli buah, cincau, atau bahan lainnya. Teh gelembung berasal dari Taiwan sejak tahun 1980-an. Miniman ini ditemukan oleh seorang pebisnis bernama Lo Han-jin. Dia dulu bekerja di pabrik teh dan menggabungkan teh yang baru diseduh dengan susu, gula, dan mutiara tapioka lokal untuk membuat minuman yang dinikmati penduduk setempat.

Karena minuman ini sangat manis, seringkali disajikan dingin. Bisa juga disajikan panas, tapi lebih umum diminum dingin. Ada berbagai rasa dan resep bubble tea. Anda dapat memilih dari teh hitam atau hijau, susu, dan jus buah. Beberapa jenis bubble tea yang paling populer adalah teh susu, es teh susu, teh susu talas, teh susu melati, teh susu hijau madu, teh susu semangka, dan teh susu mangga.

Mengapa Memilih Memulai Bisnis Bubble Tea?

Bubble tea adalah minuman yang sangat populer dan disukai banyak orang. Minuman kekinian ini juga sangat mudah dibuat, sehingga Anda dapat memulai bisnis Anda sendiri dengan cukup cepat. Peralatannya juga sangat terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk memulai bisnis Anda.

Jika Anda konsisten bekerja keras, Anda bisa memperoleh keuntungan yang lumayan dari bisnis ini, sehingga Anda dapat memperoleh profit yang layak dari bisnis boba.

Alasan lain mengapa Anda harus memulai bisnis bubble tea adalah karena industri ini sedang berkembang, terutama di Indonesia.

Bubble tea sangat populer di kalangan milenial, dan masih banyak orang yang suka meminumnya. Bahkan seiring bertambahnya usia, mereka pada akhirnya akan terus minum bubble tea. Jadi ini adalah jenis minuman yang akan terus populer selama beberapa dekade mendatang.

Cara Memulai Bisnis Bubble Tea: Langkah-Demi-Langkah

Temukan lokasi untuk toko Anda. Hal ini sangat penting, karena Anda membutuhkan tempat yang dapat diakses dan terlihat oleh banyak orang.

Lokasi terbaik untuk toko bubble tea Anda adalah tempat di mana terdapat banyak orang, tetapi mereka tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk sampai ke toko Anda.

Anda juga dapat memilih untuk memulai bisnis Anda secara online, tetapi memiliki toko fisik adalah pilihan terbaik karena akan meningkatkan penjualan Anda.

Pilih merek Anda. Sebelum Anda membuka toko bubble tea, Anda harus memilih branding Anda. Anda juga perlu membuat logo untuk bisnis Anda. Anda juga dapat memikirkan untuk membuat barang dagangan bertema merek yang dapat dibeli pelanggan dari toko Anda.

Sediakan peralatan yang dibutuhkan. Anda perlu memesan peralatan sebelum membuka toko bubble tea. Anda dapat menemukan semua peralatan yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis online Anda. Anda perlu menyediakan dispenser minuman, cangkir, sendok, teh, dan perlengkapan lainnya.

Pesan boba dalam wadah besar. Anda bisa saja memulai dengan wadah yang lebih kecil, tetapi Anda perlu memesan boba dalam jumlah besar seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda nantinya.

Cara Menemukan Lokasi Yang Tepat Untuk Toko Anda

Menemukan lokasi yang tepat untuk toko bubble tea Anda sangatlah penting. Anda harus memilih tempat di mana banyak orang akan berjalan melewati toko Anda, tetapi mereka tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk sampai ke sana.

Anda bisa mulai dengan mencari area dengan traffic pejalan kaki yang cukup ramai. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk membuka toko Anda di dekat kampus, karena Anda bakalan punya banyak calon pelanggan muda.

Pastikan bahwa lokasi toko bubble tea Anda dapat diakses dengan mudah. Jika mudah dijangkau, orang tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk mampir ke toko Anda.

Faktor penting lainnya adalah area tersebut harus memiliki tempat parkir gratis. Banyak orang akan mengunjungi toko bubble tea Anda di sore dan malam hari, jadi Anda perlu memastikan bahwa ada banyak tempat parkir yang tersedia.

Ketika Anda telah menemukan lokasi yang baik, jangan lupa untuk bernegosiasi dengan pemilik ruko sehingga Anda bisa mendapatkan harga sewa yang bagus.

Peralatan Apa yang Anda Butuhkan?

Untuk buka toko bubble tea, Anda membutuhkan dispenser minuman. Anda bisa menemukan dispenser minuman yang terbuat dari berbagai bahan, sehingga Anda dapat memilih dispenser terbaik untuk jualan Anda. Sediakan juga dispenser sirup minuman, serta keran untuk sirup.

Anda juga akan membutuhkan cangkir untuk pelanggan Anda. Bisa pakai gelas plastik, gelas keramik, atau bahkan gelas kertas. Jangan lupa untuk sediakan sedotan ukuran besar untuk pelanggan.

Anda juga membutuhkan pembuat teh gelembung. Mesin ini akan mencampur bahan-bahan, dan Anda dapat memilih untuk menambahkan rasa dan topping dengan variasi yang berbeda ke produk Bubble Tea Anda.

Persiapkan sendok bubble tea atau bubble tea pick.

Kemudian, hal terakhir yang Anda butuhkan adalah menu bubble tea.

Akhir Kata: Memulai Bisnis Bubble Tea Dari Nol

Sekarang setelah Anda mengetahui semua yang perlu diketahui tentang bubble tea. Nah, Anda bisa memutuskan apakah ini merupakan bisnis yang tepat bagi Anda. Jika memang demikian, mulailah dengan menemukan lokasi yang tepat untuk toko Anda.

Kemudian, Anda dapat membuat logo untuk bisnis Anda serta mulai memesan peralatan Anda. Ketika semuanya sudah siap, Anda bisa membuka toko Anda dan mulai menyajikan bubble tea kepada pelanggan Anda!

Kalau Anda tipe orang yang tidak mau repot, ada juga beberapa franchise minuman kekinian yang lagi hits di Indonesia. Contoh saja, Fremilt, Haus, dan Es Teh Indonesia. Jika bergabung dengan mereka, yang perlu Anda pikirkan hanyalah tempat yang strategis. Sisanya, seperti bahan-bahan, mesin, dan sistem operasional sudah disediakan oleh para penyedia waralaba ini.