Cara Ampuh Mengatasi dan Menghilangkan Jerawat Dalam 2 Hari

Munculnya jerawat dapat menjadi perusak mood dan rasa percaya diri setiap wanita. Adakah cara efektif menghilangkannya?

Jangan khawatir, sederet cara berikut dapat Anda lakukan untuk mengatasi jerawat yang mengganggu hanya dalam waktu singkat. Bye, pimples!

Skincare

Cuci wajah dengan facial foam atau facial wash yang mengandung salicylic acid. Biasanya bahan ini terdapat pada rangkaian skincare yang diciptakan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Jangan menggunakan facial scrub setiap hari karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya hanya gunakan scrub 1-2 minggu sekali untuk mengeksfoliasi sel kulit mati.

Aplikasikan serum yang juga mengandung salicylic acid, karena ingredient ini adalah musuh terbesar acne-prone skin. Salicylic acid bertindak sebagai anti-iritasi, mampu menenangkan kulit yang stres, mengurangi kemerahan dan anti-inflamasi sehingga tepat untuk menaklukkan kulit yang dilanda jerawat.

Gunakan tea tree oil atau acne spot treatment pada area yang berjerawat setiap malam sebelum tidur, atau saat wajah Anda sedang tidak dibubuhi makeup. Ini akan membantu membuat jerawat lebih mengecil dan mengurangi peradangan.

Pakai sheet-mask dengan kandungan green tea, tea tree atau tomat yang baik untuk merawat kulit berjerawat. Sheet-mask dapat digunakan setiap hari selama berjerawat, kemudian tetap gunakan seminggu sekali setelah jerawat mereda.

Bahan Natural

Tak hanya skincare berkualitas, Anda pun bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk ngurangin jerawat!

Masker Cuka Apel

Tuangkan cuka apel pada kapas lalu usapkan pada wajah, diamkan selama tiga menit kemudian bilas. Lakukan cara ini dengan rutin, dua kali sehari. Cuka apel

Masker tomat

Gunakan tomat yang dihaluskan sebagai masker pada wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas. Tomat kaya vitamin A dan C yang baik untuk mengeliminasi jerawat dan merawat kesehatan kulit.

Masker lemon

Peras satu buah lemon, campurkan airnya dengan madu lalu oleskan airnya pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Lemon mengandung asam askorbat-L yang dapat mengurangi peradangan pada kulit wajah berjerawat serta dapat membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Lemon juga dapat membuat wajah Anda menjadi lebih cerah dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Masker soda kue

Campurkan dua sendok makan soda kue dengan air sampai berbentuk pasta, lalu aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas.

Soda kue mampu menjadi penyeimbang pH kulit sekaligus sebagai antiseptik dan anti-inflamasi untuk mengobati jerawat membandel.

Masker Yogurt

Campurkan 2 sendok makan yogurt tanpa rasa dengan 1 sendok makan madu, oleskan merata pada wajah, kemudian bilas setelah 15-20 menit.

Kandungan bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi pada yogurt dapat membantu mengeliminasi sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat, sementara madu terkenal baik untuk melembapkan kulit.

Bawang Putih

Kupas satu suing bawang putih, belah dua lalu oleskan langsung pada wajah, atau haluskan terlebih dulu kemudian bubuhkan pada area yang berjerawat. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Harus Dihindari

Selama berjerawat, sebaiknya Anda tidak melakukan hal-hal berikut ini:

Makan makanan berlemak

Cokelat, kacang-kacangan, goreng-gorengan dan makanan bersantan sebaiknya dihindari.

Perbanyak minum air putih, konsumsi sayur dan buah untuk menyegarkan kulit dan menghindari dehidrasi.

Memencet jerawat

Memegang jerawat dan memencetnya adalah hal fatal yang masih sering dilakukan banyak perempuan.

Hal ini hanya akan memindahkan kuman dari tangan ke wajah, memperparah kondisi jerawat, membuatnya meradang dan dapat meinggalkan bekas pada kulit wajah yang sulit dihilangkan.

Menggunakan skincare yang berbahan dasar minyak

Waterbased skincare lebih tepat untuk kulit yang berminyak dan berjerawat karena membuat kulit tetap lembap tanpa memancing jerawat berkembang lebih banyak.

Menggunakan alat makeup yang kotor

Kebersihkan itu penting. Munculnya jerawat bisa menjadi alarm bagi Anda untuk membersihkan alat makeup seperti brush dan spons. Sebaiknya bersihkan setiap seminggu sekali untuk menghindari penumpukan minyak dan kotoran yang dapat berpindah pada wajah dan menyebabkan jerawat.

Selain itu, bersihkan pula layar ponsel, gagang telepon rumah atau kantor, dan ganti sarung bantal karena benda-benda tersebut paling sering kontak dengan kulit wajah.

Jangan lupa selalu cuci tangan sebelum membersihkan wajah dan selalu cuci wajah sebelum mengaplikasikan masker dan skincare lainnya.