4 Cara Mengatasi Storage Penyimpanan Android Cepat Penuh

Storage atau penyimpanan android adalah sebuah tempat, dimana kamu bisa menyimpan berbagai macam file didalamnya. Baik itu berupa ddokumen, foto, video, atau bahkan yang lainnya.

Seperti kita ketahui saat ini, smartphone atau ponsel pintar sekarang sudah memiliki storage yang cukup besar. Belum lagi ditambah dengan external storage, yang memungkinkan kamu untuk menyimpan berkas di MicroSD.

Tentunya ukuran Storage yang besar, akan memberikan kamu kebebasan dalam menyimpan beberapa file tanpa harus khawatir storage kamu menjadi penuh.

Namun, ternyata masih saja ada pengguna smartphone yang mengalami kondisi dimana Storage yang mereka miliki cepat sekali penuh, padahal mungkin mereka tidak menyimpan berkas terlalu banyak.

Penyebab dan Cara Mengatasi Storage Android Cepat Penuh

Lantas, apa saja sih penyebabnya? Dan bagaimana mengatasinya?

1. Hapus Aplikasi yang Tidak Dibutuhkan

Internal Storage tidak hanya menyimpan berkas atau data dari file-file yang kamu miliki. Namun, Aplikasi yang kamu install juga membutuhkan storage untuk menyimpan file data aplikasi, dan juga data cache aplikasi.

Belum lagi dengan ukuran aplikasi yang kamu install. Jika Aplikasi tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, tentunya akan memakan storage kamu lebih banyak lagi.

Biasanya, hal ini terjadi kepada pengguna smartphone yang terlalu banyak melakukan installasi game online di smartphone mereka.

2. Bersihkan Cache Android

Selain menghapus aplikasi, kamu juga bisa membersihkan file cache yang dihasilkan dari Aplikasi yang kamu unduh.

Kamu bisa menghapus cache satu persatu dari tiap aplikasi yang kamu install, ataupun melalui TWRP atau Recovery (untuk pengguna smartphone yang sudah di root).

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi yang memang berguna untuk menghapus cache, ataupun menghapus file-file yang tidak dibutuhkan.

3. Menghapus Hidden File Tersembunyi

Ketika kita menghapus sebuah aplikasi, mungkin semua data dan cache yang ada akan ikut hilang. Namun, terkadang masih tersisa file yang terhidden atau tersembunyi, yang biasanya memiliki nama folder dengan awalan dot atau tanda baca berupa titik “.”

Bisanya, kalian bisa melihatnya melalui file explorer android kalian, ataupun mengatur file explorer android kalian untuk membaca file yang terhidden.

4. Menggunakan Google Files

Terakhir, kamu bisa menggunakan aplikasi Google Files. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di play store kamu masing-masing.

Adapun fungsi dari Google files, ia bisa mendeteksi cache pada sebuah sistem android, mendeteksi file junk, file dengan ukuran terlalu besar, duplicate files, dan masih banyak lagi.

Sampai saat ini, saya masih menggunakan aplikasi google files untuk membersihkan file sampan dan memberikan ruang lebih pada internal stroage android.

 

Dengan menggunakan cara cara diatas, kamu bisa memberikan ruang lebih kepada penyimpanan internal storage kamu, agar lebih memiliki ruang dalam menyimpan berkas-berkas, dan juga menginstall aplikasi.