5 Restoran Tertua Di Dunia Yang Sampai Sekarang Masih Buka!

Makan di restoran mewah dan megah itu biasa, tapi pernah ga sih lo makan di restoran yang udah super lama berdiri?

Nah, 5 restoran tertua di dunia yang mau kita kasih tau ini punya kekhasan masing-masing. Dan menurut kita, itu menjadi “ilmu gaib” yang hanya pendiri dan turun-temurun mereka yang tau!

Bukan cuman terkenal karena namanya, restoran ini juga masih berjaya sampe sekarang karena kualitas makanannya yang yahud banget!

Penasaran apa aja? Cekidooot ๐Ÿ˜€

 

1. Honke Owariya in Kyoto, Japan (1465)

Honke Owariya Japan
Source: wikipedia

Jadi restoran di Jepang ini berawal dari sebuah toko permen kecil pada 1465.

Lebih dari 500 tahun kemudian, restoran ini tetep jadi tujuan utama dari Kyoto dan para turis punya kewajiban banget untuk mampir dan makan disini.

Kelebihan dari restoran ini adalah mereka mampu mengolah adonan mereka geng. Keterampilan dalam memotong dan menggulir adonannya juga mancapppps. ๐Ÿ˜€

 

2. Zum Franziskaner in Stockholm (1421)

Zum Franziskaner in Stockholm
Source: beerguidesthlm.com

Restoran ini didirikan pada tahun 1421. Zum Franziskaner dianggap restoran Stockholm tertua yang ada sekarang loh geng!

Uniknya, sampe sekarang mereka masih nyediain suasana relax syahdu santai gitu walaupun semua perabotannya adalah gaya Art Nouveau asli. Romantis gimanaaa gitu geng! ๐Ÿ˜€

 

3. St. Peter Stiftskeller in Salzburg, Austria (803)

St Peter Stiftskeller
Source: Pinterest

St. Peter Stiftskeller ini dianggap sebagai restoran tertua di seluruh Eropa geng!

Restoran ini terkenal pertama kali oleh seorang penyair yaitu Alcuin pada tahun 803. Nah, mulai dari situ sampe sekarang ini, restoran yang punya “ilmu gaib” ini selalu menunjukan keloyalan mereka dalam menyajikan makanan geng!

Bahkan, setiap turis yang ke Austria punya janji sekali seumur hidup nyobain makanan dan suasana restoranย old but goldย ini! ๐Ÿ˜€

 

4. Bianyifang in Beijing (1416)

Source: wikiwand.com

Resto ini sangat terkenal dengan bebek krispinya geng! Katanya, kulit bebek renyah ini ngga ada duanya sama sekali.

Teknik masak mereka juga beda geng (ini mungkin menjadi ilmu gaib yang kita bilang). Restoran ini udah menyajikan bebek panggang sejak pemerintahan Qing, Kaisar Xianfeng!

Sampe hari ini, bebek panggang mereka menjadi salah satu kewajiban wisatawan Beijing untuk dikunjungi. Penduduk lokal sendiri juga gak bosen-bosennya geng makan disini! Rame teruuuus! ๐Ÿ˜€

 

5. The Tour d’Argent in Paris (1582)

Restoran Tua di Paris
Source: doitinparis.com

Restoran ini udah berdiri sejak masa pemerintahan King Henry III lho geng! Tour d’Argent nyediain pemandangan yang super kereeeeen banget dari kota Seine.

King Henry III dan raja-raja pengadilan juga sempet makan dan kongkow di restoran ini untuk ngerayain sesuatu kayak perburuan dan lainnya.

Restoran ini dijulukin sebagai “garpu” geng, alat makan yang paling dasar dari Barat. Nah, si “garpu” inilah yang jadi ilmu gaib restoran ini makanya bisa terus berkembang sampe sekarang. Mancappppss!

 

Itulah dia 5 restoran tertua di dunia yang masih buka sampe sekarang. Bukan ilmu hitam ya geng! Kalo dipikir-pikir, restoran ini punya resep rahasia pribadi yang terus digali dan dikembangin sampe sekarang. Buat lo semua yang emang bercita-cita punya resto atau caf(195, 233), emang harus banget lo cari kekhasan resto dan caf(195, 233) lo sendiri gengs!